Okenews.net – Kodim 1615/Lotim menggandeng PMI Kabupaten Lombok timur untuk menggelar aksi donor darah di Bale Langgak Makodim jalan Prof. M. Yamin Selong Lombok Timur, Selasa (12/12/2023).

Aksi donor darah dalam rangka peringatan Hari Juang TNI AD ke 78 tahun 2023 yang diperingati setiap tanggal 15 Desember itu diikuti oleh ratusan personel TNI, Polres, Kompi 3 Yon B Brimod Polda NTB, Satpol PP Kabupaten Lombok Timur dan Persit KCK Cabang XXIX Dim 1615.

Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro mengatakan kegiatan donor darah ini merupakan bagian dari rangkaian Hari Juang TNI AD tahun 2023 dan sebagai salah satu wuijud kepedulian kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Kegiatan donor darah ini dapat memberikan manfaat bagi saudara kita, masyarakat kita khususnya yang sedang sakit dan membutuhkan bantuan darah,” ujarnya.

Dijelaskan Bayu Sigit, aksi donor darah ini akan membantu PMI Kabupaten Lombok Timur dalam penyediaan dan penyiapan stok darah sehingga masyarakat yang membutuhkan darah tidak lagi kesulitan untuk mencari stok darah yang dibutuhkan.

“Jadilah pejuang kemanusiaan melalui donor darah karena darah adalah kehidupan. Setetes darah dapat menyelamatkan nyawa saudara kita,” bebernya.

Selain bermanfaat bagi orang lain, lanjut mantan Komandan Secata Rindam IX/Udayana itu, donor darah juga sangat bermanfaat bagi pendonor terutama manfaat kesehatan seperti mengurangi resiko penyakit jantung, menurunkan resiko kanker, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan produksi darah dan lainnya.

Sedangkan Zainul Husni Bagian Mutu PMI Kabupaten Lotim menyebutkan para pendonor yang ikut mendaftarkan diri hari ini sebanyak 100 orang lebih, namun jumlah kantong darah yang diperoleh sebanyak 50 kantong.

"Alhamdulillah hari ini kita dapat sekitar 50 kantong darah dengan berbagai jenis golongan darah,” ungkapnya.

Zainul Husni juga mengucapkan terimakasih kepada Kodim yang telah menyelenggarakan aksi kemanusiaan donor darah dengan melibatkan ratusan personel baik dari Kodim sendiri, ibu-ibu Persit KCK, Polres, Brimob dan Satpol PP.

Kedepan, ia berharap kegiatan-kegiatan sosial seperti ini akan terus berlanjut untuk membantu masyarakat yang sangat membutuhkan bantuan darah mengingat setiap saat darah dicari oleh masyarakat.

Lebih baru Lebih lama