Para juara bersama kepala madrasah M Nurul Wathanoni
Dutarakyat.com - Podcast merupakan salah satu media konten yang banyak mendapat perhatian masyarakat karena  terkesan lebih fleksibel dan intens apabila dibandingkan dengan siaran radio pada umumnya.

Istilah podcast pertama kali diajukan oleh seorang jurnalis The Guardian, Ben Hammersley, di tahun 2004. Kata podcast sendiri memiliki arti kepanjangan yakni play on demand and broadcast.

Kemudian, akhirnya diambil oleh salah satu produk Apple, iPod hingga aplikasi Apple Podcasts.

Setelah itu, Apple mengeluarkan sebuah fitur podcast pada tahun 2005. Sekitar satu tahun sejak Apple merilis fitur tersebut, siaran audio telah mulai berdatangan dari berbagai jaringan radio.

Saat ini, podcast juga menjadi salah satu bidang yang digemari oleh kaum milinieal termasuk mulai merambah dikalangan pelajar untuk sarana mempublikasikan ide gagasan tentang dinamika kehidupan yang terjadi.

Podcast juga sudah mulai ramai untuk dilombakan termasuk Unikama (Universitas Kanjuruhan Malang) menggelar lomba podcast pelajar tingkat nasional yang berlangsung akhir September sd awal oktober 2023 yang diikuti berbagai sekolah di Indinesia termasuk siswa MAN 1 Lotim. 

Dalam  lomba ini tim podcast MAN 1 Lotim yang digawangi oleh Lasmi Hamsini dan Nisa Isma Rahayu sukses meraih juara 1 dengan mengangkat tema podcast "Merdeka dan  peran generasi Z dalam mewujudkan Jndonesia maju" 

"Subtema yang diambil adalah Gerakan Anti Korupsi dengan judul podcast 'Rekontruksi Peran Pemuda Dalam Pemberantasan Korupsi'," ujar Hj Siti Surodiana selaku tim prestasi MAN 1 Lotim, Sabtu (07/10/2023). 

Sistem dalam lomba ini setiap peserta membuat vidio podcast yang merupakan karya asli peserta dibuktikan dengan surat pernyataan orisinalitas karya. Selanjutnya karya di up di g-drive dan linknya dikirimkan melalui email. 

"Dan karya terbaik akan dipublikasikan di website resmi prodi ppkn dan chanel youtube Dosen Blankon milik UNIKAMA Malang Jawa Timur," tuturnya 

Dian menuturkan, isi podcast tim siswanya menjelaskan tentang makna pemuda yaitu pentingnya pemuda sebagai agent of change kaitannya dengan memaknai kembali peran pemuda dalam sejarah pemuda memperjuangkan kemerdekan dimana terdapat perjuangan yang berbeda beda tiap generasi dulu. 

Sedangkan arti kemerdekaan sekarang adalah memerangi  korupsi yang disertai dengan disertai aksi, yang diawarkan melalui program yang dibawakan bertajuk "Pembentukan Karakter Berlinjur(Bertanggung Jawab, Disiplin, Dan jujur) dilingkungan sekolah".

Atas torehan prestasi dua siswinya ini kepala MAN 1 Lotim M Nurul Wathoni menyampaikan apresiasi dan tentu akan diberikan reward melalui program tebus prestasi di MAN 1 Lotim. 

"Di samping mereka juga mendapatkan piala, sertifikat dan uang pembinaan dari panitia termasuk akan mendapatkan beasiswa jika mengambil kuliah di Universitas Kanjuruhan  Malang Jawa Timur," tutupnya.

Lebih baru Lebih lama