Dutarakyat.com -;Orsima dan PMR MAN 1 Lotim menggelar kegiatan donor darah. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama dan untuk menjaga kesehatan jiwa serta raga siswa.

Waka Kesiswaan  MAN 1 Lotim H Harmain mengatakan kegiatan donor darah ini bekerja sama dengan PMI Lotim dengan lokasi bertempat di ruang PMR dan halaman MAN 1 Lotim.

Peserta yang mengajukan diri untuk berdonor sekitar 50-an orang dari unsur siswa dan guru MAN 1 Lotim tapi setelah dilakukan pengecekan kesehatan dan prosedur lainnya.

"Pengecekan dilakukan oleh tim PMI yang bisa melakukan donor darah sekitar 30 an orang. Darah yang terkumpul sekitar 30 kantong darah," ujar Harmain, Sabtu 27 April 2024.

Ia berharap hasil donor darah ini dapat manfaat terutama untuk masyarakat yang membutuhkan yang secara ekonomi kesulitan untuk mendapatkan kantong darah dan seterusnya.

"Perlu diketahui, program donor darah di MAN 1 Lotim rutin kita laksanakan 3 sampai 4 kali setahun," ungkap Harmain. 

Sementara Kamad MAN 1 Lotim M. Nurul Wathoni sangat mengapresiasi kegiatan ini dan mendorong siswa dan guru yang memenuhi syarat untuk ikut mendonorkan darahnya.

Kegiatan ini merupakan salah satu cara membentuk karakter siswa yang senantiasa peduli dengan sesama dan ikut serta membantu pemerintah daerah untuk bisa menyiapkan kantong darah bagi masyarakat yang membutuhkan.  

"Semoga program baik ini terus dapat digelar rutin dan peserta pendonor semakin banyak karena kesadaran siswa dan para guru di madrasah ini bisa terus mengalami peningkatan," harap Wathoni. 

Lebih baru Lebih lama