Peluncuran buku prestasi MAN 1 Lotim
Dutarakyat.com - Buku berjudul rekam jejak prestasi Mansa Lotim menuju mandiri berpretasi (Sebuah Catatan  Reportase) merupakan buku ke-11 yang berhasil dicetak awal tahun 2023 ini. 

"Buku ini merupakan buku rekam jejak prestasi MAN 1 Lotim dari akhir Tahun 2022 sampai bulan ke-3 awal tahun 2023 ini," ungkap Bohari Muslim sebagai salah satu editor, Senin (10/04/2023).

Buku yang memilki tebal sekitar 247 halaman ini berisi kumpulan berita prestasi MAN 1 Lotim yang telah dilansir di media online maupun media cetak lainnya.

"Jadi buku yang diluncurkan hari ini merupakan rangkuman berita menjadi satu kesatuan dan didalamnya," ujarnya.

Di dalamnya juga berisi rekapitulasi prestasi yang diraih MAN 1 Lotim yang dilengkapi dengan program serta strategi MAN 1Lotim dalam ikhtiar merebut prestasi.

Kepala MAN 1 Lotim M Nurul Wathoni mengatakan buku ini menjadi bukti nyata dari capaian prestasi MAN 1 Lotim yang telah diraih selama ini.

"Dokumentasi ini sebagai bahan evaluasi dan dasar untuk melakukan perbaikan yang lebih baik lagi dalam program pembinaan prestasi di MAN 1 Lotim," ungkap Wathoni.

Buku ini juga dilengkapi dengan gambaran potensi dan strategi MAN 1 Lotim dalam ikhtiar meraih prestasi yang disampaikan secara gamblang.

Mulai dari upaya mendukung dan menggerakkan 40an lebih kegiatan ektrakurikuler dengan dukungan maksimal dari pimpinan dan warga MAN 1 Lotim.

"Kegiaran ektra yang eksis ini juga harus dibarengi dengan kewajiban untuk ikutserta  dalam berbagai kompetisi dan lomba," Wathoni yang penulis dari buku rekam jejak prestasi itu. 

Ia menegaskan, penilaian yang paling obyektif dari keberhasilan program pembinaan dapat diuji melalui keikutsertaan siswa dalam berbagai kompetisi dan hasilnya menjadi bahan evaluasi.

"Pihak madrasah juga selalu memfasilitasi siswa dalam setiap lomba. Kalau berprestasi, kita berikan reward melalui program tebus prestasi," tuturnya. 

Atas terbitnya buku ini, Kakanmenag Lotim Sirajuddin menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya terhadap prestasi siswa siswi termasuk gurunya yang membawa nama daerah.

"Kami bangga karena MAN 1 Lotim konsisten dalam program pembinaan prestasi yang hasilnya juga didokumentasikan dalam sebuah buku yang layak kita baca dan jadikan motivasi bagi madrasah lain," ucapnya.

Ia menilai, penerbitan ini penting, agar catatan prestasi siswa dan guru tidak menguap dan berlalu begitu saja. Tapi kalau dibuat buku tentu bisa menjadi dokumen yang penting bagi warga madrasah.

"Dari situ, kita bisa menyusun langkah perbaikan untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi di masa datang. Kami juga mendorong madrasah lain di Lotim ini," ungkap Sirojuddin.

Lebih baru Lebih lama