Ratusan mahasiswa Universitas Hamzanwadi dilepas
Dutarakyat.com - Keren...! Ratusan mahasiswa Universitas Hamzanwadi dilepas guna mengikuti program pertukaran mahasiswa merdeka (PMM). Mereka dilepas untuk belajar di beberapa perguruan tinggi ternama di Indonesia.

"Puluhan mahasiswa kita di fakultas teknik berhasil lulus di program PMM dan diterima di ITB, ITN, UI, UDINUS, Universitas AMIKOM, Universitas Teknokrat dan lainnya," ungkap Wakil Rektor Universitas Hamzanwadi Dr H Khirjan, Kamis (11/08/2022).

Menurutnya, program PMM merupakan program unggulan untuk mahasiswa mengikuti pembelajar di luar program studi dan perguruan tinggi yang bersifat kompetisi.

"Patut kita syukuri, hampir semua program studi di kampus kita ada mahasiswa yang mendapatkan program itu. Kecuali dua prodi yakni program studi sejarah dan farmasi," ujar doktor jebolan UNY itu.

Tujuan Program PMM ini untuk meningkatkan kemampuan perguruan tinggi dalam mengelola program pertukaran mahasiswa dan meningkatkan kerja sama lintas perguruan tinggi.

Melalui PMM ini diharapkan mahasiswa memiliki pengalaman kuliah di perguruan tinggi di Indonesia selama satu semester atau 6 bulan. Termasuk pengembangan keilmuan mereka di luar kampus mereka sendiri.

Lebih lanjut disebutkan, PMM ini memiliki ciri khas baru dalam menciptakan ruang jumpa yang dinamis antara mahasiswa, dosen, dan perguruan tinggi melalui kegiatan akademik dan non-akademik.

Di sana mereka disiapkan ruang membahas keragaman budaya wilayah setempat. Bahkan, PMM ini memberi kebebasan kepada mahasiswa untuk memilih mata kuliah di perguruan tinggi yang berbeda lokasi.

Mahasiswa melaksanaan PMM ini sudah memiliki modul sendiri yakni Modul Nusantara sebagai salah satu karakter khusus. Modul Nusantara mencakup aktivitas penjelajahan kebhinekaan di kawasan perguruan tinggi bagi mahasiswa.

Lebih baru Lebih lama