Tim siswa juara bersama Kakanwil Kemenag NTB Dr H Zaidi Abdad, Kakanmenag Lotim, dan pembina debat hukum MAN 1 Lotim

Dutarakyat.com
- Tim MAN 1 Lotim berhasil melibas semua kompetitor dalam lomba debat hukum tingkat nasional yang diselenggarakan Universitas Islam Nahdlatl Ulama (UISNU) Jepara Jawa Tengah. 

Torehan prestasi siswa dan pembina MAN 1 Lotim seakan terus mengalir setiap hari, setelah satu minggu sebelumnya terdapat berbagai prestasi akademik dan non akademik.

Kali ini  (4 Sabtu, 4 Juni 2022), Tim Debat MAN 1 Lotim yang terdiri dari Dinda Rosiana Emba siswa XI IPS 3, Dewi Intan kelas XI IPS 2 dan Jelita Ishara kelas XI IPS 2 sukses meraih juara 1 lomba Debat Hukum tingkat nasional.

"Lombanya berlangsung awal Mei sampai awal Juni 2022 dengan 3 tahapan lomba yakni seleksi penyisihan, semifinal, dan final," papar Munawir Hadi, selaku mentor siswa pada event lomba ini, Senin (06/06/2022). 

Dinda Rosiana Emba selaku ketua tim menyampaikan rasa syukur  dan terima kasihnya pada pembimbing, para guru, dan juga dukungan madrasah. 

Ditututkan, dalam debat secara online ini, hampir setiap sesi kita diberikan tema yang berbeda menyangkut berbagai kasus hukum yang viral di masyarakat Indonesia mulai dari kasus persoalan korupsi pejabat dan seterusnya. 

"Ini tentu membutuhkan persiapan dari kami untuk bisa memperdalam dan mempertajam analisis untuk mampu unggul dengan tim sekolah lain yang juga kemampuan yang luar biasa," ungkap Emba yang juga Ketua Osis MAN 1 Lotim itu. 

Dengan capaian prestasi tim debat MAN 1 Lotim ini, M Nurul Wathoni selaku kepala MAN 1 Lotim menyampaikan rasa syukur dan apresiasinya pada prestasi siswa dan pembinanya. 

"Tentu kami dari pihak madrasah akan memberikan reward walaupun dari panitia tim pemenang sudah mendapatkan sertifikat, piala dan dana pembinaan," ujarnya.

Reward dari madrasah ini merupakan suport dan motivasi tim untuk semakin giat menggembleng diri dan tidak puas dengan capaian saat ini.

Capaian prestasi MAN 1 Lotim ini juga mendapatkan apresiasi dari Kakanwil Kemenag NTB Dr KH Zaidi Abdad menyampaikan, siswa memang harus dibekali dengan kemampuan untuk debat tentu dengan penguasaan teori yang baik agar analisisnya menjadi tajam. 

"Saya bangga pada semangat, ikhtiar dan prestasi anak madrasah Lotim saat ini terutama MAN 1 Lotim tentu prestasi  ini membuat kita optimis kedepan bahwa anak-anak madrasah semakin siap menjadi pemimpin hebat," harap Zaidi.

Lebih baru Lebih lama