DUTARAKYAT.com - Siswi MAN 1 Lotim Provinsi Nusa Tenggara Barat yang selama ini aktif di ektra kurikuler Jurnalistik MAN 1 Lotim atas nama Baiq Deswita Karina Putri sukses meraih juara 2 nasional pada kejuaraan nasional presenter yang digelar oleh Universitas Negeri Jakarta pada Pekan Jurnalistik untuk umum.


Bohari Muslim selaku mentor Deswita di Ektra Jurnalistik MAN 1 Lotim mengatakan, lomba ini pesertanya untuk umum sehingga diikuti oleh ratusan mahasiswa, para sarjana S1 dan S2. Namun penampilan Baiq Deswita yang memukau membuat kompetitornya tersisih.

Jadi menurutnya, lomba ini cukup bergengsi karena penyelenggaranya merupakan salah satu universitas terbaik di Ibukota dengan peserta yang sudah memiliki kemampuan hebat pada bidang jurnalistik khususnya presenter. 

"Tapi, alhamdulillah Deswita mampu menunjukkan kualitasnya dengan mampu tampil terbaik kedua. Tampilan Deswita yang memang luar biasa dalam banyak aspek," papar Bohari, Selasa (05/10/2021).

Deswita dengan dibantu tim kareramen yang juga dari teman satu ektranya yakni Rahamtullah Jayadi siswa kelas XI IPS.2 yang ternyata sukses memukau juri dan meraih juara.

"Terima kasih kepada juri telah memilih siswa kami ini sebagai juara. Dan satu-satunya peraih juara dari unsur pelajar," ungkap guru pembina yang sudah banyak menelorkan siswa prestasi di MAN 1 Lotim ini. 

Raihan prestasi yang dipersembahkan oleh siswi MAN 1 Lotim ini juga mendapatkan banyak atensi dan apresiasi dari banyak pihak termasuk Kakanwil Kemenag NTB Dr KH M. Zaidi Abdad.

Ia menyampaikan kebanggaan yang luar biasa dengan capain prestasi anak madrasah NTB termasuk di MAN 1 Lotim saat ini. "Ini patut diapresiasi dan menjadi motivasi bagi siswa dan madrasah lainnya," ungkapnya.

Kanwil menyebut potensi anak madrasah NTB sangat bergaram dan harus dapat dikembangkan untuk mereka menjadi hebat bermartabat. "Tampilannya setelah saya melihat vidionya kayak presenter profesional dan memang luar biasa," ujarnya. 

"Ini mutiara yang harus terus dipelihara dan dikembangkan untuk mereka nantinya dapat menjadi presenter mumpuni bisa seperti Najwa Shihab dan lainnya," harap Zaidi penuh optimisme.

Sementara Kepala MAN 1 Lotim M Nurul Wathoni mengungkapkan keterkejutannya dengan torehan prestasi siswa binaannya ini. Ia tidak pernah menyangka menang di level nasional.

"Luar biasa. Saya tidak menyangka karena siswi kami ini siswi dari daerah. Tentu banyak keterbatasan tapi ternyata setelah kita melihat tampilan dan semangat serta kemampuan Deswita, juara yang disematkan para juri sudah tepat," ungkapnya. 

Ia berharap minat bakat ini terus dikembangkan agar kelak dunia presenter ini juga dapat menjadi pilihan yang dapat mengantarkan siswa meraih kesuksesan di masa datang. 

"Terima kasih atas prestasi yang diraih. Ini berkah dari semangat pembina dan siswa yang secara tekun menggembleng diri melalui ektra yang memang didukung penuh pihak madrasah," tandasnya. 

Wathoni menyebutkan, hadiah yang diraih Deswita berupa uang jutaan rupiah dan piala dari panitia. "Kita tambah juga dari sekolah sebagai suport untuk mereka terus bersemangat mengembangkan minat bakatnya untuk menjadi siswa hebat, mandiri dan berprestasi," tutup Wathoni.

Lebih baru Lebih lama