Dutarakyat.com - Proses pleno tingkat kecamatan telah selesai dilaksanakan termasuk di 8 kecamatan yang merupakan wilayah dapil NTB 4 Lombok Timur  yang terdiri dari kecamatan Jerowaru, Keruak, Sakra Barat, Sakra, Sakra Timur, Sikur, Terare, Montong Gading.

Dalam proses pleno di 8 kecamatan dan berdasarkan form D1 hasil pleno kecamatan telah didapatkan data hasil dari parpol peserta pemilu termasuk caleg yang lolos melenggang ke Udayana Mataram.

Adapun 6 caleg yang merupakan kuota pada  dapil NTB 4 ini antara lain kursi pertama diraih Hamdan Kasim nomor satu yang merupakan politisi muda Golkar asal Senyiur Keruak.

Pria yang juga mantan aktivis HMI NTB yang sukses meraih suara pribadi sebesar 17.782 suara dengan suara total dari partai Golkar sejumlah 38.576 suara dan partai golkar menjadi peraih suara terbanyak pertama di dapil NTB 4 ini. 

Kursi kedua direbut oleh politisi PKS asal Moyot yakni H Burhanuddin yang sukses mendulang 21.951 suara dari suara PKS sebesar 38.421 suara. 

Kemudian kursi ketiga diraih Syamsu Rizal yang merupakan politisi Gerindra dan kader NW asal Jenggik yang pada pileg ini berhasil menyumbang 12.828 suara bagi Gerindra yang suara totalnya sejumlah 38.363 suara.

Selanjutnya kursi keempat diisi oleh politisi senior  PKB asal desa Moyot yang merupakan caleg incumbent yang sukses meraih 21.731 suara dari total suara PKB yang diraih sejumlah 34.861 suara. 

Politisi Partai Demokrat yang juga incumbent Rahardian Soejono menjadi peraih kursi kelima  yang  berhasil mengumpulkan dukungan pribadi sejumlah 13.674 dari perolehan suara Demokrat sejumlah 27.244 suara.

Selanjutnya kursi keenam yang menjadi kursi terakhir di dapil NTB 4 ini berhasil diraih oleh Partai Perindo dengan total suara sejumlah 23.575 direbut politisi partai Perindo M. Nashib Ikroman dengan suara pribadi sejumlah 13 362 suara. 

Dari enam caleg terpilih ini, beberapa yang sukses menumbangkan caleg incumbent dengan tingkat dinamika politik yang cukup kompetitif. Hasil resmi menunggu penetapan hasil dari KPU kabupaten yang saat ini masih berlangsung.
Lebih baru Lebih lama