Dutarakyat.com - Memperkuat budaya literasi, mendokumentasikan dan sebagai bahan evaluasi program pembinaan prestasi madrasah, kembali MAN 1 Lotim menerbitkan buku yang berjudul "Rekam Jejak Prestasi Mansa Lotim 2023 Sebuah Refortase" setebal 700-an halaman ini. 

Buku ini yang luar biasa tebalnya ini berisi tentang catatan prestasi yang dicapai siswa, guru dan institusi MAN 1 Lotim selama tahun 2023, MAN 1 Lotim berhssil menorehkan prestasi dengan total 359 prestasi baik yang non akademik dan akademik mulai dari tingkat kabupaten, provinsi, nasional dan internasional.

Dalam buku ini, penulis menampilkan strategi dan  kiat sukses MAN 1 Lotim dalam meraih prestasi secara rinci mulai dari gambaran tentang program unggulan madrasah, tehnis memotivasi siswa dan pembina.

"Termasuk tatakelola ektrakurikuler yang menjadi tumpuan utama pencetak prestasi, juga adanya program tebus prestasi dimana prestasi yang diraih siswa ditebus oleh pihak madrasah dengan pemberian uang tunai termasuk hadiah kejutan berupa makan di lesehan dan lainnya,"  
ungkap salah satu tim editor buku ini Bohari Muslim.

Dalam buku ini juga dicantumkan tentang program PKKS yakni program kemandirian dan kewirausahaan siswa dengan memberikan modal usaha bagi siswa tanpa bunga disertai bimbingan usaha termasuk juga terdapat tulisan tentang program kelas polisi.

Program ini berupa program bimbingan mental, fisik dan kesamaptaan bagi siswa kelas XII yang akan masuk TNI/Polri dan sekokah kedinasan bekerjasama dengan polres Lotim secara gratis bagi siswa. 

Baru kemudian isi buku ini dilanjutkan dengan tampilan rekap prestasi selama tahun 2023 secara lengkap dan runut mulai dari prestasi Januari sampai Desember 2023, ungkap M Nurul Wathoni yang juga sebagai kepala MAN 1 Lotim .

Wathoni kenegaskan, buku ini juga  secara secara khusus menampilkan kumpulan berita/kliping media cetak maupun media online yang telah disusun secara urut dari awal tahun sampai akhir tahun 2023. 

Kumpulan kliping berita ini telah juga dicantumkan link beritanya secara utuh agar isinya lebih valid dan orisinil. Dan penerbitan buku ini merupakan hasil dari kerjasama semua komponen madrasah.

"Buku ini kita harapkan menjadi acuan untuk pihak madrasah bisa melihat gambaran prestasi selama satu tahun," paparnya.

Selain itu, sebagai bahan evaluasi agar kedepan bisa lebih baik. Sisi tang kurang dari pencapaian prestasi siswa bisa dimaksimalkan tahun berikutnya. 

Buku ini tentu tidak akan bisa terbit tanpa suport dan dukungan dari Kakanwil Kemenag NTB H Zamroni Azis yang secara rutin memantau capaian prestasi madrasah termasuk suport dari Kabid Penmad Kanwil Kemenag NTB, Kasi Kurikulum Kanwil Kemenag NTB dan unsur pimpinan Kemenag Lotim.

"Termasuk tim pengawas kemenag Lotim serta dukungan dari teman_teman kamad  dan semoga penerbitan buku ini dapat membawa keberkahan dan manfaat bagi madrasah dan kemenag NTB," ungkap Wathoni.

Lebih baru Lebih lama