Wawancara Mayor Jenderal TNI Karmin Suharna usai tinjau lokasi 

Dutarakyat.com
- Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) Mabes TNI AD meninjau lokasi pembangunan rumah TMMD di Ekas Buana Kecamatan Jerowaru, Jumat (03/04/2022).

Rombongan dipimpin Asisten Teritoral Kasad Mayor Jenderal TNI Karmin Suharna didampingi Danrem 162/WB Brigjen TNI Lalu Rudy Irham Srigede bersama Dandim 1615/Lotim Letkol Inf Amin Muhammad Said.

Seusai peninjauan, Ketua tim Wasev Mayjen TNI Karmin Suharna mengatakan tujuan utama program TMMD yaitu fokus membantu pembangunan infrastruktur.

Selain itu memberikan penguatan nilai-nilai berbangsa dan bernegara melalui berbagai penyuluhan kepada masyarakat yang menjadi sasaran lokasi TMMD.  

Infrastruktur yang dimaksud sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga program TMMD itu bersifat botton up bukan top down.

Karena itu, 30 unit rumah yang dibangun dalam program TMMD di Lombok Timur  menurutnya sangat tepat sesuai kebutuhan masyarakat khususnya para nelayan.

Para nelayan, sambungnya, membutuhkan rumah yang lebih aman karena setiap tahun pemukiman mereka yang berada di pesisir pantai menjadi sasaran banjir rob.

Setelah direlokasi oleh Pemerintah Daerah melalui program TMMD diharapakan mereka terbebas banjir.

“Saya dengar laporan, kalau sudah terkena rob bisa sampai 1 meter sehingga kurang nyaman dan tidak ada ketenangan bagi mereka," tuturnya. 

Ia juga menyampaikan Pemerintah Daerah akan membangun 63 unit rumah di atas lahan tersebut sesuai dengan jumlah Kepala keluarga yang akan direlokasi.

Namun pada tahap pertama baru selesai sebanyak 30 unit yang dibangun melalui program TMMD dan sisanya 33 unit akan dibangun melalui karya bhakti skala besar.

Lebih baru Lebih lama